Tuesday, December 27, 2011

Samarkand Kota Batu Di Tengah Jalur Sutera


Samarkand merupakan salah satu kota tertua di dunia. Diperkirakan sudah berdiri dari 2500 tahun yang lalu..Kota ini sekarang berada di negara Uzbekistan dan masuk sebagai UNESCO World Heritage Site. Kota ini memiliki posisi penting di tengah jalur sutera antara China dan Negara Barat.

Nama Samarkand berasal dari bahasa Persia Kuno asmara yang berarti batu dan Sogdian qand yang berarti kota/benteng. Samarkand secara harafiah berarti Kota Batu atau Benteng Batu.Samarkand terkenal dengan kota surga karena iklimnya yang sedang seperti daerah-daerah lain di Asia Tengah. Penduduk Samarkand berjumlah sekitar 500.000 jiwa.

Samarkand merupakan kota paling ramai di Uzbekistan di bidang pertanian, perdagangan dan industri. Sepanjang sejarahnya, kota Samarkand pernah mengalami tiga kali masa kehancuran. Yang pertama terjadi pada tahun 329 SM oleh Alexander, ketika kota itu masih bernama Markanda. Kehancuran kedua terjadi pada masa Jengis Khan tahun 220 M. Dan yang terakhir terjadi pada masa Uzbek, pertengahan abad kelima belas Masehi.

Ketika Turki Usmani mengancam Eropa dan melebar ke Asia dan Afrika pada pertengahan abada keenam belas, Kekaisaran Rusia menyerbu kota Samarkand. Ketika komunis berkuasa di Rusia pada tahun 1923, Samarkand berada di bawah wilayah Uni Soviet hingga masa keruntuhannya tahun 1991. Setelah Republik Uzbekistan memerdekakan diri, kota Samarkand masuk ke dalam wilayah Republik Uzbekistan.











0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

.