Sunday, December 25, 2011

WISATA SEJARAH DI FUZHOU



Wisata di China tak hanya ke Jiuzhaigou, Zhangjiajie, dan Huanglong yang terkenal. Jalan-jalan ke Fuzhou juga tak kalah menariknya.


Belajarlah hingga ke negeri China. Tapi, melancong ke negeri China juga oke. Banyak pilihan lokasi yang kita tuju di China. Salah satunya, di provinsi Fujian Ibukota Fuzhou. 
Di wilayah pegunungan ni terdapat berbagai lokasi menarik. Di antaranya Yongquan Temple di Fuzhou Timur, yang posisinya tepat berada di antara Drum Mount dan sungai Min, yang merupakan sungai terbesar di provinsi ini. 





Jalan berliku-liku dan menanjak merupakan bagian yang harus dilalui ketika ingin mencapai lokasi. Kiri kanannya, pelancong disuguhi pemandangan indah kota Fuzhou dari ketinggian. Menurut penduduk setempat, Yongquan Temple memiliki beberapa bangunan kuil dengan patung-patung Budha, merupakan kuil salah satu kuil yang paling terkenal di negeri tirai bambu. 


Di bagian lain, Fuzhou masih menyajikan tempat bersejarah yang tak kalah indah. Kali ini sebuah museum Lin Zexu yang berada di tengah kota, tepatnya di jalan Macao, menyimpan kisah kepahlawan Lin Zexu. Ksatria ini lahir pada 30 Agustus 1785 dan hidup semasa Dinasti Qing. 




Museum ini dibangun tahun 1982. Lalu pada 2007, pemerintahan kota Fuzhou menggelontorkan dana sebesar 120 juta yuan untuk mengembangkan lokasi tersebut sebagai bentuk penghormatan untuk mengenang sosok pahlawan yang dikenal pemberani, jujur, serta memiliki hati yang tulus. 


Di dalam museumnya banyak terdapat surat hasil tulisan tangan sang ksatria, juga berbagai patung lilin maupun foto diri yang turut melengkapi cerita tentang asal usul Lin Zexu. Selain itu, layaknya museum, barang-barang yang pernah digunakan semasa hidupnya juga terpajang apik.


Hingga hari mendekati senja, belum lengkap rasanya jika pelancong belum menyicipi souvenir khas China. Fuzhou pun paham akan kebutuhan tersebut dan menjadikan jalan sepanjang lokasi bernama Three Lanes and Seven Alleys, merupakan salah satu dari 10 jalan utama di China, menjadi pusat belanja sekaligus wisata menarik. 







Suasana kota tua sangat kental terasa. Berbagai bangunan dari kayu berjejer rapih di sepanjang jalan. Lokasi ini sepertinya menjadi lokasi terbersih di antara sudut lain di belahan ibukota Fuzhou, yang biasanya terlihat agak kotor dan sesak dengan bangunan-bangunan, baik itu perkantoran maupun perumahan yang menjulang tinggi ke atas. Dengan suasana yang lebih santai, pelancong dapat menikmati gaya bangunan tua khas Dynasty Qing dan melanjutkannya dengan berburu souvenir.


Foto2 Kota Fuzhou Lainnya..





2 comments:

  1. wow.. keren gan.. semoga suatu saat nanti bisa wisata ke cina..

    www.kiostiket.com

    ReplyDelete
  2. Ini kalau dari bandara misalnya mau ke jalan yang dekat fuzhou central naik apa ya?? Apa ada fasilitas yg memudahkan turis semacam kartu MTR sekaligus bus yg tinggal digesek saja atau harus bayar cash (yuan), tolong dijawab ya saya lagi prepare ke fuzhou juga liburan

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

.